Pages

Wednesday, May 12, 2010

Cara Simple Agar Tidak Tertular Penyakit

Siapa sih yang ingin menderita penyakit ? Setiap orang pasti ingin tubuhnya sehat dan bugar. Berikut ini adalah tips agar kita terjauh dari berbagai macam penyakit.

1. Istirahat yang cukup
Kurang istirahat akan melemahkan sistem imun kita. Itulah sebabnya orang yang kurang tidur akan mudah terserang penyakit.

2. Bersihkan Permukaan seluruh perabot
Beberapa bakteri dan virus dapat hidup di perabotan sampai berjam bahkan berhari-hari. Biasanya kuman tersebut menempel di sana karena berpindah dari tangan manusia yang mengandung bakteri atau virus. Tempat-tempat seperti pegangan pintu, keran air, gagang telepon adalah beberapa tempat yang rawan. Rajinlah membersihkannya dan jangan lupa mencuci tangan sebelum makan jika habis menyentuhnya.

3. Hindari "party" saat musim penyakit
Misalnya jika di suatu wilayah terkena wabah flu burung maka hindari menghadiri pesta atau acara hiburan yang diadakan di tempat tersebut.

4. Jangan pernah memakai barang pribadi bergantian
Barang pribadi seperti sikat gigi, pakaian, rokok, makanan kalau bisa jangan dimakan bersama dalam satu tempat atau dipakai bergantian dengan orang lain.

5. Cukupi kebutuhan sayuran dan buah-buahan
Tanpa perlu disadari, setiap saat tubuh selalu memberikan perlawanan terhadap infeksi berbagai virus dan kuman penyakit. Agar fungsi sistem imun tetap terjaga, berikan cukup nutrisi berupa vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Semakin gelap dan berwarna-warni, umumnya kandungan nutrisinya semakin banyak

6. cukupi kebutuhan akan air mineral
Minum air 8 gelas sehari akan menyehatkan dan tidak akan mudah terserang penyakit.

7. Olahraga secara teratur
olahraga selain dapat membuat tubuh menjadi bugar juga dapat memperbaiki sistem imun. Jogging tiap pagi adalah olahraga yang sangat baik bagi kita.

8. Jauhi orang yang sedang sakit menular
Sakit seperti flu adalah sangat mudah untuk menular. Kalau suatu ketika di tempat makan misalnya, melihat orang sedang bersin bersin maka segeralah pindah tempat yang agak jauh. Atau pilih tempat makan yang lain.

9. Jaga kebersihan tangan
Mencuci tangan adalah pekerjaan yang sangat penting. Usahakan selalu mencuci tangan baik sebelum makan atau menyentuh muka.

No comments:

Post a Comment