Pages

Saturday, December 11, 2010

Rumah Mungil Yang Sehat

Jumlah warga semakin meningkat dan wilayah perkotaan semakin padat. Cukup sukar menemukan tanah untuk hunian. rumah susun dan apartemen mulai banyak dibangun oleh investor dan pemerintah. Namun, sebagian orang masih ingin mendirikan rumah sendiri. Tinggal satu atap dengan anggota keluarga. Meskipun harga lahan tinggi dan semakin sulit dicari.

Salah satu solusi yang ditempuh adalah mendirikan Rumah Mungil Yang Sehat untuk keluarga. Tapi, walaupun mungil mereka tetap tak mengesampingkan segi kesehatan. Dan modelnya juga masih enak untuk dinikmati sebagai hunian, bukan asal-asalan. Rumah ideal adalah impian semua keluarga.

Jadi, jangan keliru kalau mengira rumah mungil itu semuanya kurang higenis/sehat dan cuma untuk kalangan ekonomi kurang mampu. Karena konsep Rumah Mungil Yang Sehat ini tidak selalu begitu.Untuk menjadi sebuah hunian ideal untuk keluarga, selayaknya sebuah rumah itu memenuhi hal-hal sebagai berikut :

- mempunyai halaman yang lumayan luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk menumbuhi tanaman sebagai penghasil oksigen.
- memiliki ruang bagian dalam yang nyaman.misalnya mempunyai ruang keluarga dan tempat tidur tersendiri orang tua dan anak.
- mempunyai sumber air sendiri dan pembuangan air limbah yang tidak mencemari sumber air.
- mempunyai dapur sendiri dan terdapat cerobong asap atau jendela sebagai jalan keluar asap.
- memiliki tempat pembuangan limbah rumah tangga (tempat sampah)

Yang tadi itu adalah beberapa kriteria rumah ideal untuk semua anggota keluarga. Walaupun mungil, akan tetapi jika mengandung faktor di atas, maka mampu disebut sebagai Rumah Mungil Yang Sehat.

No comments:

Post a Comment